Peraturan Baru Sepakbola

Peraturan Baru Sepakbola
Peraturan Baru Sepakbola
Peraturan Baru Sepakbola, – IFAB atau International Football Association Board yang mengurus tentang hal-hal menyangkut peraturan permainan dalam sepakbola, mengeluarkan peraturan baru untuk olahraga yang memiliki penggemar terbanyak di seluruh dunia ini untuk musim 2016/2017 mendatang.

Peraturan yang berlaku ini kebanyakan mengarah tentang terjadinya insiden di kotak penalti. Peraturan sebelumnya menyebutkan bahwa pemain yang melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan yang berpeluang besar mencetak gol akan langsung dikenakan kartu merah, mendapatkan sangsi dan menderita tendangan penalti yang diberikan kepada pihak lawan.

Namun dengan peraturan yang terbaru ini, pemain yang melakukan pelanggaran tersebut tidak lagi akan langsung mendapatkan kartu merah. Namun pemain akan tetap mendapatkan kartu merah langsung apabila melakukan dorongan, menarik pemain lawan dalam kondisi tidak sedang memainkan bola atau tidak memiliki kesempatan untuk memainkan bola, pelanggaran serius, melakukan tindak kekerasan atau secara sengaja menyentuh bola.

Kartu Merah akan tetap diberikan apabila pemain melakukan tindak kekerasan didalam kotak penalti
Kartu Merah akan tetap diberikan apabila pemain melakukan tindak kekerasan didalam kotak penalti

Namun kuasa pengadil pertandingan atau wasit akan semakin bertambah. Mereka kini sudah bisa mengusir pemain yang akan bertanding bahkan sebelum kick-off dilangsungkan berdasarkan penilaian dari official pertandingan.

Peraturan yang diumumkan pada hari selasa lalu ini, juga memiliki aturan baru yang lebih fleksibel tentang peraturan untuk kick-off. dimana untuk saat ini sudah bisa diarahkan ke seluruh arah dibandingkan dengan harus kedepan seperti yang terjadi selama ini.

Beberapa peraturan yang terjadi ini merupakan hasil terobosan terbaru dari IFAB yang mendapatkan masukan dari mantan wasit Liga Inggris, David Elleray. Dan pihak IFAB mengklaim dengan beberapa peraturan baru ini akan kembali meningkatkan mutu pertandingan dan tidak lagi terjadi beberapa kesalahpahaman yang terjadi karena keputusan wasit.

Selain keputusan tersebut, IFAB juga mengumumkan dan menyetujui penggunakan teknologi yang akan memasuki masa ujicoba selama 2 tahun untuk membantu pekerjaan wasit dalam memimpin pertandingan. Penggunaan teknologi ini akan berguna bagi keputusan wasit dalam hal terjadinya gol, keputusan untuk mengeluarkan kartu merah, penalti dan kesalahan mengidentifikasikan pemain.

Sumber : Skysports dan berbagai referensi lainnya.

Author: Admin