7 Tim Berebut Jatah 4 Besar Liga Inggris

7 Tim Berebut Jatah 4 Besar Liga Inggris
7 Tim Berebut Jatah 4 Besar Liga Inggris
7 Tim Berebut Jatah 4 Besar Liga Inggris, – Peringkat 4 besar yang menjanjikan satu tempat di liga Champions menjadi perburuan hingga tujuh tim di liga Inggris musim ini, imbalan prestise dan kucuran dana membuat setiap tim berlomba-lomba untuk meraih setidaknya peringkat ke 4  sebagai jatah terakhir untuk tim dari liga Inggris agar dapat berkompetisi di kejuaraan ter-elit di benua biru.

Dengan bercokolnya Leicester City di puncak klasemen hingga pekan ke 31 ini, sudah dapat dipastikan kekuatan Inggris musim depan di liga Inggris akan di isi oleh muka baru yang bermarkas di King Power Stadium tersebut musim 2016/2017. Dua tempat untuk menuju liga Champions musim depan dari Inggris memang tampaknya hampir bisa dipastikan akan menjadi jatah kedua tim peringkat teratas ini, Leicester City dan Tottenham Hotspur.

Bagaimana dengan sisanya ? apakah posisi Arsenal telah aman di peringkat 4 besar hingga akhir musim ? mampukan West Ham United meneruskan performa bagusnya hingga akhir musim, di bulan Mei mendatang ? apakah akibat cedera pemain yang berkepanjangan akan membuat musim pertama Guardiola bersama City, hanya akan bermain di Europa League ? Mari kita bedah kekuatan dan kelebihan tujuh klub yang masih berpeluang untuk meraih peringkat 4 besar hingga akhir musim liga Inggris.

Team Pertandingan dimainkan Perbedaan Gol Point
Arsenal 30 18 55
Man City 30 20 51
West Ham 30 12 50
Man Utd 30 11 50
Southampton 31 9 47
Stoke 31 -3 46
Liverpool 29 5 44

PERFORMA

Arsenal yang membutuhkan kemenangan melawan Everton di akhir pekan lalu, akhirnya meraih kemenangan setelah minggu-minggu mengecewakannya, tersingkir dari kejuaraan Piala FA dan sekaligus dari Liga Champions. Mereka berhasil meraih kemenangan penting di Goodison Park dengan mengalahkan tuan rumah 0 – 2.

Kemenangan tersebut tentunya menghidupkan peluang mereka untuk dapat bertahan di kualifikasi liga Champions sebanyak ke 19 kalinya secara beruntun. Perkara apakah pencapaian tersebut memuaskan bagi sebagian pendukungnya, itu adalah cerita lainnya.

West Ham United tampil sebagai kuda hitam lainnya di musim ini setelah Leicester City yang menggebrak dan nangkring di peringkat pertama liga Inggris. Mereka kini sedang berada dalam kondisi bagus, mereka seharusnya akan berada di peringkat ke empat saat ini andai saja mereka berhasil menang dalam pertandingan melawan Chelsea pekan lalu. Gol penalti telat dari Cesc Fabregas memaksa mereka harus puas meraih 1 poin dan kini berada di peringkat ke lima dengan berselisih 1 poin atas Manchester City.

Performa City Jadi Yang Terburuk Diantara 6 Tim Lainnya
Performa City Jadi Yang Terburuk Diantara 6 Tim Lainnya

Sementara Manchester City sendiri, meraih kekalahan atas rival sekotanya, Manchester United dalam derby Manchester yang berlangsung di Etihad Stadium. Kekalahan tersebut berarti mereka hanya meraih kemenangan tiga kali saja dalam sebelas pertandingan terakhirnya di seluruh kompetis, sejak pengumuman pergantian manager dari tangan Manuel Pellegrini ke Pep Guardiola musim depan.

Namun peran terbesar atas melepemnya City musim ini yang paling patut disorot adalah performa mereka di kandangnya sendiri, Etihad Stadium. Musim ini mereka sudah mengalami kekalahan di hadapan pendukungnya sendiri lebih banyak dari total 4 musim yang lalu jika dijumlahkan.

United sendiri yang meraih kemenangan penting, yang menurut manager mereka saat ini Louis Van Gaal sebagai pencapaian bersejarah, juga sebenarnya masih terbelit masalah. Konsistensi yang hilang sejak Sir Alex Ferguson pensiun, masih belum mampu disiasati dengan baik oleh para penerusnya.

Namun setidaknya saat ini mereka memang masih lumayan akhir-akhir ini dengan meraih tiga kemenangan dalam empat pertandingan terakhirnya di liga. Jika Louis Van Gaal masih mau lebih lama di Old Trafford sebagai manager setan merah, maka syarat wajib harus dia penuhi, membawa United ke habitat aslinya bermain di kompetisi tertinggi Eropa musim depan.

Sementara Stoke City, saat ini bermain luar biasa. Hanya Leicester City dan Tottenham Hotspur yang mampu mengamankan tiga poin lebih banyak dibandingkan mereka di liga Inggris dalam enam pertandingan terakhirnya. Dua tim lainnya Liverpool dan Southampton juga masih harus berbaik-baik dahulu dengan dewi fortuna akibat seringnya  mereka dirundung hasil-hasil kurang memuaskan.

SISA PERTANDINGAN KETUJUH TIM
Arsenal Man City West Ham Man Utd Southampton Stoke Liverpool
Watford (h) Bournemouth (a) Crystal Palace (h) Everton(h) Leicester (a) Swansea (h) Tottenham (h)
West Ham (a) West Brom (h) Arsenal (h) Tottenham (a) Newcastle (h) Liverpool (a) Stoke (h)
Crystal Palace (h) Chelsea (a) Leicester (a) Aston Villa (h) Everton (a) Tottenham (h) Bournemouth (a)
West Brom (h) Newcastle (a) Watford (h) Crystal Palace (h) Aston Villa (a) Man City (a) Everton (h)
Sunderland (a) Stoke (h) West Brom (a) Leicester (h) Man City (h) Sunderland (h) Newcastle (h)
Norwich (h) Southampton (a) Swansea (h) Norwich (a) Tottenham (a) Crystal Palace (a) Swansea (a)
Man City (a) Arsenal (h) Man Utd (h) West Ham (a) Crystal Palace (h) West Ham (h) Watford (h)
Aston Villa (h) Swansea (a) Stoke (a) Bournemouth (h) Chelsea (h)
West Brom (a)

Liverpool saat ini berada di peringkat ke 9 di liga Inggris, dengan meraih 44 poin atau tertinggal hingga 7 poin dari Manchester City di peringkat keempat. Apa yang membuat kami memasukkan mereka kedalam daftar ? tak lain karena mereka memiliki dua pertandingan sisa yang belum dimainkan. Salah satunya yang krusial adalah melawan tetangganya dalam derby Merseyside, Everton.

Hasil pertandingan tersebut tentunya bisa dimanfaatkan oleh Liverpool yang sejak terakhir kali dikalahkan tetangganya tersebut di tahun 1999, mereka tentunya memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat meraih kemenangan dalam laga tersebut.

Selepas pertandingan internasional, Arsenal tentunya tidak bisa menyepelekan West Ham United, ketika keduanya akan bertemu pada 9 April 2016 mendatang, Namun lawan terberat Arsenal di sisa pertandingan kali ini bukan hanya datang dari West Ham United, masih ada Manchester City yang harus mereka temui lagi. Namun tentunya mereka masih sedikit lebih baik dibandingkan West Ham yang masih harus ketemu dengan Leicester City, Manchester United dan Stoke City.

Manchester City, yang merupakan satu-satunya tim dari Inggris yang masih bertahan di liga Champions akan bertemu dengan PSG di babak perempat final, sementara jadwal mereka terhitung amat berat di liga Inggris. Mereka masih harus melakoni laga melawan Chelsea, Stoke City, Southampton, Arsenal dan tim yang sedang berjuang di zona degradasi Newcastle United yang saat ini seolah mendapat suntikan semangat baru semenjak diambil alih oleh Rafa Benitez.

Manchester United juga masih harus bertemu dengan dua tim yang saat ini berada di peringkat empat besar, dan satu pertandingan menentukan melawan West Ham United sendiri pada 10 Mei mendatang.

PERAN PEMAIN KUNCI
Dimitri Payet Tampil Memukau di Pertengahan Musim Ini
Dimitri Payet Tampil Memukau di Pertengahan Musim Ini

Hampir seluruh tim dari ketujuhnya ini memiliki senjata rahasianya masing-masing dalam keadaan terdesak. nah pertanyaannya sekarang adalah mampukan mereka mengaktifkan kelebihan mereka tersebut di laga sisanya musim ini ?

Manchester City dan Arsenal adalah contoh dua klub yang mengalami penurunan performa seiring dengan menurunnya pula kemampuan pemain-pemain kuncinya. Ambil contoh Arsenal dengan Mesut Ozilnya, pemain asal Jerman tersebut bermain luar biasa di awal-awal musim, namun kini seolah kehabisan bensin dengan hanya mengemas dua gol dan tiga assist dalam sembilan pertandingan terakhirnya di liga. Manchester City pun mengalami masalah yang sama dengan striker utamanya, Sergio Aguero yang baru kembali mencetak sepasang gol melawan Aston Villa, setelah dalam lima pertandingan terakhirnya hampa gol.

West Ham United berada di kondisi yang berbeda, disaat-saat genting di tengah musim mereka menemukan talenta berlian baru dalam diri Dimitri Payet yang meningkatkan daya serang tim asal London. Delapan gol dan delapan assist menjadi bukti sahih debut sensasional pemain asal Prancis tersebut bersama The Hammers. Gol dan assistnya tersebut membantu West Ham United meraih hasil-hasil bagus contohnya ketika berhadapan dengan Norwich City dan Everton.

Dipercayanya Pemain Muda, Menjadi Salah Satu Faktor Naiknya Performa MU
Dipercayanya Pemain Muda, Menjadi Salah Satu Faktor Naiknya Performa MU

Manchester United juga baru saja mendapatkan talenta baru dalam diri pemain muda yang masih berusia 18 tahun, Marcus Rashford. Sementara Liverpool tampaknya terus menggantungkan asanya kepada penyerangnya yang baru kembali bermain setelah didera cedera panjang, Daniel Sturridge. Para pendukung Liverpool patut berdoa sang pemain tidak akan absen kembali di sisa musim ini. Sementara Afellay pun menunjukkan perbaikan performa yang signifikan bersama Stoke City dan Graziano Pelle telah kembali ke jalur utamanya mencetak gol bersama Southampton.

CEDERA PEMAIN
Team Pemain yang Cedera (Hasil dari physioroom.com)
Arsenal 8
Man City 7
West Ham 4
Man Utd 7
Southampton 3
Stoke 5
Liverpool 6

Cerita lama dari Arsenal kembali terulang, selalu mengalami masalah cedera pemain. Ruang perawatan tim Arsenal mungkin merupakan yang tersibuk dari seluruh tim di liga Inggris, dengan catatan tak kurang delapan orang yang berada di ruang perawatan saat ini, The Gunners menjadi tim terbanyak untuk urusan pemainnya yang cedera.

Cederanya tiga pemain, baru-baru ini menjadi salah satu kabar buruk untuk Arsenal, Aaron Ramsey, Jack Wilshere dan Alex Oxlade-Chamberlain harus menepi. Namun kabar baiknya adalah Mesut Ozil yang juga ikut-ikutan cedera akhir minggu lalu, ternyata tidak mengalami cedera yang cukup serius.

Wayne Rooney di Manchester United sudah akan kembali ke tim inti setan merah, namun menjadi menarik untuk ditunggu bagaimana formasi dari Van Gaal yang saat ini tampaknya sudah nyaman dengan kehadiran Marcus Rashford di depan. Sementara sang tetangga, Manchester City memiliki banyak masalah dengan cederanya pemain. Penjaga gawang utama, Joe Hart baru saja harus masuk ruang perawatan akhir minggu yang lalu, sementara kapten utama mereka, Vincent Kompany kembali harus cedera dalam penampilan paling mengecewakan minggu lalu. Mereka tampaknya harus bersiap untuk jangka waktu yang lama tanpa pemain-pemain intinya.

The Hammers, West Ham United yang paling memiliki kesempatan terbesar untuk tampil menggebrak musim ini, sementara di Stoke City Ryan Shawcross sudah diambang kembalinya ke lapangan, sementara Charlie Austin juga tampaknya masih bisa dimainkan di sisa musim ini untuk Southampton.

KESIMPULAN
Kembali Cederanya Vincent Kompany Bisa Berakibat Fatal Bagi City
Kembali Cederanya Vincent Kompany Bisa Berakibat Fatal Bagi City

Pelan namun pasti, posisi dari Manchester City kian berbahaya pekan demi pekan. Absennya Vincent Kompany dan Joe Hart akan menjadi masalah utama bagi Manuel Pellegrini, dan sebagai alarm untuk mereka menghadapi sisa musim ini. Mereka tidak memiliki poin yang cukup untuk mampu terus bertahan dari kejaran para pesaingnya di bawah.

Berbeda dengan Arsenal yang sudah memiliki tabungan poin yang cukup untuk sedikit merasa nyaman, namun kekalahan atas West Ham dalam pertandingan yang akan berlangsung minggu-minggu kedepan dapat merubah segalanya bagi the Gunners. West Ham United akan mengintip kesempatan yang datang, mereka saat ini merupakan tim yang tidak lagi memiliki target berarti setelah melampaui target yang dibebankan kepada tim di awal musim lalu. Hasil saat ini jelas sudah melebihi ekspektasi para petinggi klub.

Manchester United sendiri, paling tidak adalah sebuah keharusan untuk mampu finish di peringkat ke empat musim ini, setelah belanja besar-besaran yang mereka lakukan diawal musim 2015/2016 ini. Saingan abadi Manchester United, Liverpool saat ini juga sedang dijauhi dewi Fortuna. Meraih kemenangan di babak pertama melawan Southampton 2 – 0, namun pertunjukkan permainan yang amat buruk di babak kedua menghukum mereka dan harus pulang dengan hampa poin.

Stoke City memang memiliki peluang terkecil, namun peluang sekecil apapun akan coba ditangkap oleh mereka, dengan kata lain liga Inggris musim ini akan membuat para pendukung berdegup hingga akhir pertandingan di bulan Mei nanti.

Sumber : Skysports

BACA JUGA 

Author: Admin